Rabu, 06 Januari 2016

Day 2:
OK, dokter Ugd gw kampret bener. Sebut ada namanya Dedi, ini nama samaran, kebetulan kalo nama lo Dedi dan lo dokter resek plus kampret, kemungkinan gw ngomongin lo, hehe
Sedikit gw deskripsi soal kampret yang satu Ini, umurnya 50 tahun lebih, mungkin kalo nyium kentut, dia bisa mati ditempat, kehabisan nafas saking tuanya,
Nggk ada banci lewat, tiba tiba dia bilang gini,"nmr Telp poli spesialis berapa?"
Dalam hati, gw ngumpat, nyet...gw baru masuk gawe kemarin sore, mana tahu gw nomor tlpnya, Sinting!
Selain tanya hal yg penting, konon dia suka bener ngerecokin petugas yg lain: contohnya, dia Mares bener nulis nama pasien di kertas resep, kalaupun dua ditulis, nauzubilah....tulisannya mirip fosil jalan batu, kagak bisa dicerna, ya Alloh
Sedikit gw singgung soal Ugd, gw tau banget, atau gw yakin orang-orang awampun tau, fungsi Ugd adalah tempat pertolongan pertama utk pasien gawat, atau minimal...menstabilkan kondisi pasien hingga layak pindah ke ruangan,,
Nah....momennya kemarin nih, ada nenek-nenek post HD atau cuci darah, diseret ke Ugd, katanya sesak nafas beberapa menit setelah HD, gw langsung pasang IV line, kasih oksigen, pasang monitor dan ukur tanda-tanda vital,
Dan si kampret ini malah belingsetan nggak tau musti ngapain, mulutnya Komat-Kamit nggak jelas, 
"Dok blood pressure tinggi, mau kasih apa?" Tanya gw,
"Isorbid 5 mg Sub lingual," balas si kampret 
Temen gue, ines, masuki. Isorbid 5 mg di bawah lidah,
"Terus?" Tanya gw lagi,
Si kampret bingung, mondar-mandir kayak supir Gojek sambil mainin Bolpoin, cletak..cletik...cletak...cletik...
Pusing pala gw ngeliatin si kampret ini,
"Farsix 2 ampul" lanjut dia.
Good....otaknya mulai kerja lagi, mungkin sedikit berasap karena tuanya.
Gw masukin Farsix 2 ampul. OK...Goodyear choice,
Si nenek masih sesek, masker oksigen ganti yg lebih kece, Non rebrething mask, oxygen 10 LPM,Kenceng nih,
"Dok pasang catheter nggk?" Tanya gw, Setau gw, yg masih muda, kece dan belia ini, kelar injeksi Farsix, intensitas kencing pasien meningkat, nah....bisa kita pantau dari produksi urine via katheter, jika urine banyak, biasanya sesak akan berkurang, ituh kalo respon.
"OK" balas si kampret. Ini orang musti dipancing dulu kayaknya, baru otaknya bisa kerja,
Ines ama gw nyiapin peralatan pasang katheter. Udah siap semua, tinggal colok, tiba-tiba si kampret ini ngedumel, "Langsung ke Icu aja"
Gw cengok, ines ngelihat gw, gw meringis nggk jelas, dalam hati gw ngedumel, 'beruk, pasien lo ini blm stabil, ngapain lo masukin ke ICU?'
Ines ngomong, "Dok ini nggk tunggu stabil dulu?"
Sambil melotot, si kampret ngedumel, "Ini pasien lagi sesek, kalian pasang katheter, kalo ada apa2, bukan tanggung jawab saya"
Dalam hati, gw misu dalam huruf kapital, 'SEMPAK!'
Coba kalo gw uda jadi senior, gw injek lo kampret!
Gw ama ines pontang-panting nyeret pasien ini masuk icu, dan sampe Icu, kami disambut omelan petugas Icu, yah...yah....ini salah gw, nurut ama si kampret, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar